Pameran Seni Internasional ke-60, yang lebih dikenal sebagai Biennale, saat ini sedang berlangsung di Venesia. Tema tahun ini adalah “Orang Asing di Mana-Mana”. Ide utamanya adalah untuk fokus pada pengungsi dan orang-orang yang terpinggirkan — mungkin bukan inspirasi paling menyenangkan bagi para seniman (meskipun kapan seniman benar-benar puas dengan karya mereka?). Biennale telah berkembang selama bertahun-tahun dengan galeri, kolektif, dan seniman menyewa palazzo di seluruh kota untuk menarik pengunjung yang terobsesi dengan seni di Venesia. Tahun ini terdapat lebih dari 300 Partisipasi Nasional, Acara Kolateral Resmi, Pameran, Yayasan, Museum, Galeri, dan Ruang Seni yang tersebar di seluruh kota. Biennale resmi tahun ini memiliki 200 seniman lebih banyak dibandingkan edisi 2022!
Mayoritas seniman berasal dari negara-negara Selatan, pribumi, queer, dan orang-orang terpinggirkan, baik secara sukarela maupun tidak. Secara historis, Venesia sendiri didirikan oleh pengungsi dari daratan yang melarikan diri dari serangan Alaric, Attila, dan Lombard pada akhir abad ke-5 dan 6. Secara keseluruhan, kritikus tidak terlalu menyukai Biennale tahun ini. Salah satu keluhan utama adalah terlalu banyak seniman yang sudah meninggal — lebih dari separuh peserta. Saya mencoba mengunjungi sebanyak mungkin ruang pameran di sekitar Venesia, tetapi itu jelas merupakan tugas yang mustahil untuk diselesaikan dalam satu minggu.
Berita baiknya adalah sekarang ada penerbangan langsung dari New York ke Venesia. Berita buruknya adalah cuaca di sana sangat dingin dan lembap, tidak jauh berbeda dengan cuaca New York baru-baru ini. Minggu yang menarik terbentang di depan. Saya telah mendapatkan tiket mingguan untuk naik vaporettos, “bus” terapung khas Venesia. Jadi pada pagi pertama kami, saatnya untuk melihat Biennale.
Di ujung timur kota terdapat taman besar. Bagi yang belum pernah berkunjung, Giardini dan Arsenale adalah dua tempat yang menjadi rumah bagi Biennale. Napoleon menciptakan Giardini, sedangkan Arsenale adalah tempat semua kapal Venesia dibangun (sekarang digunakan oleh Angkatan Laut Italia). Sebuah lorong panjang di Giardini dipenuhi dengan beberapa Paviliun Nasional.
Salah satu paviliun pertama yang kami kunjungi menampilkan instalasi menarik. Swedia, Norwegia, dan Finlandia berbagi ruang ini. Tza Tza Yeung Ho, Lap-See Lam, dan Kholod Hawash menciptakan kombinasi bambu dan kimono, yang mengeksplorasi alegori Lo Ting, makhluk mitos setengah manusia setengah ikan dari Kanton.
Karya Yuko Mohri di Paviliun Jepang berfokus pada fenomena yang berubah. Seniman ini menciptakan ruang besar dengan air yang menetes, terinspirasi oleh kebocoran di sistem kereta bawah tanah Tokyo yang disebabkan oleh gempa bumi. Buah-buahan diatur di sekitar ruang besar di atas meja “antik”. Elektrode dalam buah-buahan tersebut mengubah energi yang dihasilkan saat mereka membusuk menjadi sistem cahaya dan musik yang berdengung. Ruangan ini sangat populer. Buah-buahan baru secara teratur diganti karena sang seniman ingin kita memikirkan siklus kehidupan.
Beberapa entri negara lainnya tidak begitu menarik. Korea, yang memiliki pameran luar biasa pada tahun 2022, kali ini menghadirkan Odorama Cities. Ide utamanya adalah untuk mengeksplorasi bau dari berbagai ruang di paviliun yang sangat sederhana. Namun, tidak ada apa pun yang bisa dicium. Entri Prancis, yang dibuat oleh Julien Creuzet, membahas pengalaman diasporanya, apa pun itu. Setidaknya, ruangannya berwarna-warni.